Apa itu Mikrotik dan Untuk Apa saja Router Mikrotik

Mikrotik Router

Mikrotik

Apa itu Mikrotik? Mikrotik adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi perangkat keras dan perangkat lunak yang berhubungan dengan sistem jaringan komputer yang berkantor pusat di Latvia, bersebelahan dengan Rusia. Mikrotik didirikan pada tahun 1995 untuk mengembangkan router dan sistem ISP (Internet Service Provider) nirkabel.Mikrotik dikenal luas sebagai router. Router itu sendiri adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan. Dalam jaringan yang lebih kompleks, Router digunakan untuk memilihkan jalan paket data untuk mencapai komputer tujuan.

Router merupakan perangkat yang cerdas, karena Router bisa memahami betul bagaimana mengirimkan paket data dari satu jaringan ke jaringan lain. Jarang sebuah router salah menyampaikan paket data. Kembali ke Mikrotik yang ternyata merupakan router yang memiliki fitur sangat lengkap, mudah dikonfigurasi dan tentunya harganya cukup terjangkau.


Penanganan Protokol TCP/IP:
  1. Firewall dan NAT
  2. Routing - Static routing
  3. Data Rate Management
  4. Hotspot
  5. Point-to-Point tunneling protocols
  6. Simple tunnels
  7. IPsec
  8. Web proxy
  9. Caching DNS client
  10. DHCP
  11. Universal Client
  12. VRRP
  13. UPnP
  14. NTP
  15. Monitoring/Accounting
  16. SNMP
  17. M3P
  18. MNDP
  19. Tools
  20. Aneka Ragam
Layer 2 konektivitas
  1. Wireless
  2. Bridge
  3. Virtual LAN
  4. Synchronous
  5. Asynchronous
  6. ISDN
  7. SDSL

Untuk Apa saja Router Mikrotik ini?

Ini merupakan pertanyaan yang sering dibicarakan pada saat kita baru belajar Mikrotik. Mikrotik Router yang sudah saya jelaskan tadi bahwan Mikrotik Router merupakan perangkat yang cerdas dalam peran jaringan komputer. Router Mikrotik tersebut juga memiliki fitur yang cukup banyak yang memungkinkan kita bisa membangun jaringan berskala besar. Router Mikrotik ini juga mengambil peran yang lebih banyak dalam jaringan.

Berikut contoh yang sering diterapkan pada Router Mikrotik :

1. Sebagai Internet Gateway bagi LAN

Pada peran ini router mikrotik sering digunakan, Router Mikrotik ditempatkan diantara jaringan Lokal (LAN) dan jaringan internet. Jaringan lokal itu terdiri dari beberapa komputer yajg ingin mendapatkan akses Internet. Router Mikrotik dapat berperan sebagai penghubungnya, sekaligus mengatur lalu lintas internet, baik yang masuk maupun keluar dari jaringan lokal tersebut.

Router Mikrotik akan mamput menyaring apa saja yang boleh diakses di Internet, dan apa saja yang tidak boleh. Router Mikrotik akan mampu memblokir web site tertentu jika diinginkan, bahkan menurut pengaturan waktu. Router Mikrotik juga akan mampu membagi bandwidth Internet kepada komputer user, sehingga tidak ada user yang merasa lambat mengakses Internet karena adanya monopoli user lain yang sedang mendownload file-file besar. Peran sebagai Internet Gateway inilah yang paling sering digunakan di mikrotik.

2. Sebagai Access Point (Indoor/Outdoor)

Beberapa router mikrotik dilengkapi dengan interface wireless, sehingga dapat berfungsi sebagai Access Point pada jaringan wireless (Wi-Fi). Anda dapat menggunakannya untuk HotSpot berskala kecil. Anda juga dapat menggunakan jaringan lebih besar seperti jaringan RT/RW Net atau bahkan jaringan sekelas Wireless ISP. Router Mikrotik dipasarkan dengan berbagai macam tipe dan dukungan terhadap penggunaan Antena untuk memperluas jangkauan jaringan.

3. Sebagai intermediary device (routing)

Ini merupakan fungsi utama router, menghubungkan beberapa network dan berusaha untuk menentukan jalur terbaik untuk menuju komputer tujuan. Router Mikrotik juga akan memilih jalur terbaik untuk menuju Internet yang dituju.

Fungsi-fungsi tambahan pada Mikrotik :

1. Sebagai Web Proxy untuk Filtering web content,blocking site,dan lain-lain.
2. Sebagai Billing Hotspot dengan Voucher dengan userman
3. Pembuatan VPN server dengan metode PPPoE dan PPTP VPN
4. Management Bandwidth 
5. Sebagai keamanan jaringan dengan fitur Firewall pada Mikrotik
6. Load Balancing untuk mendistribusikan beban trafik pada dua atau lebih jalur koneksi secara seimbang
7. Dan masih banyak lagi yang tentunya teman-teman akan sering bertemu di lapangan.

Sekian tutorial dari saya mohon maaf jika ada kekurangan pada artikel ini dan jangan lupa di share. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa itu Mikrotik dan Untuk Apa saja Router Mikrotik"

Posting Komentar