Objek Wisata Monumen Bajra Sandhi

Monumen Bajra Sandhi

Monumen Bajra Sandhi Tempat Wisata Di Denpasar Bali

Monumen Bajra Sandhi berawal dari ide Prof. Dr. Ida Bagus Mantra yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Bali. Awalnya beliau mencetuskan monumen ini untuk perjuangan rakyat Bali. Pada tahun 1981 diadakan lomba desain monumen, lomba desain tersebut akhirnya dimenangkan oleh Ida Bagus Yadnya, dia adalah mahasiswa Fakultas Teknik Udayana Jurusan Arsitektur. Lalu pada tahun 1988 dilakukan pembangunan dan setelah 13 tahun pembangunan monumen tersebut akhirnya selesai. Tahun 2001 hanya bangunan fisik monumen yang  selesai. Setahun kemudian penambahan diorama dan penataan  daerah lingkungan sekitar monumen dilakukan. Pada bulan Juni 2003 monumen ini diresmikan yang dilakukan oleh Presiden RI Ibu Megawati Soekarnoputri pada saat itu dan pada tanggal 1 Agustus 2004 Monumen ini  kepada dibuka secara umum.

Monumen Bajra Sandhi

Monumen Bajra Sandhi adalah sebuah monumen perjuangan rakyat Bali yang berlokasi di pusat kota Denpasar, terletak di daerah Renon, Bali. Monumen Bajra Sandhi terletak di  area yang sangat luas, museum ini tepat berada di tengah-tengah lapangan Puputan Niti Mandala Renon. Monumen Bajra Sandhi dibangun dengan tujuan untuk mengenang perjuangan rakyat Bali serta menjadi simbol rakyat Bali. Monumen Bajra Sandhi sering sekali dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara untuk melihat keindahan dengan ukiran atau arsitektur ciri khas Bali, banyak ukiran dan pahatan yang sangat menarik. Monumen Bajra Sandhi dengan lokasi koordinat 8°40'20.4"S 115°14'02.0"E dari pusat pariwisata Kuta, Legian, Seminyak, dan Sanur cukup strategis sehingga mudah untuk mengisi agenda berlibur anda, lokasi dari Bandara Internasional Ngurah Rai dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 35 menit.

Lokasi Monumen Bajra Sandhi

Monumen Bajra Sandhi berasal dari kata Bajra dan Sandhi yang dimana Bajra artinya Genta dan Sandhi artinya suci. Monumen Bajra Sandhi merupakan sebuah bangunan yang mirip dengan genta yang biasanya digunakan oleh seorang pemimpin upacara persembahyangan. Monumen Bajra Sandhi Renon dengan luas lahan sekitar 13,8 hektar yang luas bangunannya 4900 m2. Monumen Bajra Sandhi yang megah banyak menyimpan serangkaian diaroma untuk mengenang pahlawan Bali dalam meperjuangkan Republik Indonesia. Sehingga monumen tersebut banyak menyimpan filosofi yang anda harus kunjungi pada saat berlibur ke Bali.

Monumen Bajra Sandhi

Monumen tersebut berdiri di tengah lapangan Renon yang digunakan oleh masyarakat untuk sekedar jalan-jalan dan berolahraga. Areal lokasi Bajra Sandhi sering digunakan sebagai tempat jalan-jalan, olahraga dan konser-konser musik baik artis lokal maupun artis nasional. Monumen tersebut merupakan objek wisata untuk menikmat keindahan kota Denpasar, terutama di dekat lapangan Niti Mandala Renon. Sehingga berkunjung ke objek wisata di Bali selain dimanjakan dengan keindahan juga dapat menambah wawasan pengetahuan sejarah anda tetang sejarah rakyat Bali sejak era prasejarah hingga memasuki era Indonesia merdeka.


Monumen Bajra Sandhi dengan denah bangunan yang ada monumen tersebut terdiri atas tiga bagian utama yaitu bagian nistaning utama mandala yang terletak pada bagian lantai dasar gedung dengan beberapa ruang seperti, administrasi, ruang informasi, pameran, perpustakaan, suvenir, rapat, dan toilet. Selanjutnya bagian madianing utama mandala, merupakan lantai tengah tempat memajang 33 diorama hasil perjuangan rakyat Bali mulai zaman prasejarah hingga masa perjuangan kemerdekaan Rakyat Indonesia dan utamaning utama mandala, yaitu lantai atas yang juga disebut ruang peninjauan.

Monumen Bajra Sandhi

Monumen Bajra Sandhi selain melambangkan hasil kerja keras pejuangan rakyat Bali, monumen ini juga melambangkan perjuangan mempertahankan keutuhan Indonesia yang dapat dilihat dari 17 anak tangga yang terletak di pintu utama, 8 buah tiang agung, dan tinggi monumen bajra sandhi 45 meter. Monumen Bajra Sandhi memiliki bentuk dan detail bangunan yang mencerminkan kepercayaan umat Hindu Bali, begitu juga berbagai patung yang menjadi ornamen museum yang memiliki makna filosofi sesuai kepercayaan umat Hindu. Monumen Bajra Sandhi memiliki ruang atas yang hanya bisa diakses melalui tangga di tengah kolam. Dari ruangan tersebut kita dapat melihat rumput hijau di lapangan Niti Mandala Renon dan bangunan disekitarnya. Sehingga Monumen tersebut menarik banyak pengunjung setiap hari, dan pameran seni seperti foto atau lukisan di ruang pameran.
­­­­

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Objek Wisata Monumen Bajra Sandhi"