Algoritma Pewarnaan Welsh-Powell Menggunakan Bahasa C - Matematika Diskrit

Algoritma Welsh-Powell

Kelas ini dimaksudkan untuk mengimplementasikan algoritma Welsh-Powell untuk masalah pewarnaan graf. Ini menyediakan algoritma serakah yang berjalan pada grafik statis.
Ini adalah algoritma serakah berulang-ulang: Langkah 1: Semua simpul diurutkan sesuai dengan nilai penurunan derajat mereka dalam daftar V. Langkah 2: Warna diurutkan dalam daftar C. Langkah 3: Simpul berwarna pertama v dalam V diwarnai dengan warna pertama yang tersedia di C. tersedia berarti warna yang sebelumnya tidak digunakan oleh algoritma. Langkah 4: Bagian yang tersisa dari daftar terurut V dilalui dan warna yang sama dialokasikan untuk setiap titik yang tidak ada verteks yang berdekatan memiliki warna yang sama. Langkah 5: Langkah 3 dan 4 diterapkan secara iteratif sampai semua simpul berwarna.

#include <stdio.h> #include <stdlib.h> #include <conio.h> #define MAX_VERTEX 20 int n=0,color; int V[MAX_VERTEX][MAX_VERTEX]; int Derajat[MAX_VERTEX]; int Warna[MAX_VERTEX]; int V_Sort[MAX_VERTEX]; void MasukanGraph() { int i=0,j=0,val=1; printf ("Masukan Jumlah Vertex : "); scanf ("%d",&n); printf ("Tekan 0 Jika Vertex Sudah Tidak ada yang terhubung!\n"); for(i=0;i<n;i++){ printf ("Masukan V->%d : \n",i+1); j=0; while(1) { scanf("%d",&val); if(val==0) { V[i][0]=j; break; } V[i][++j] = val; } } printf("\n=====================DATA Graph======================\nTotal Vertex= %d\n",n); printf("Vertex Derjat \tVertex Yang Terhubung\n"); for(i=0;i<n;++i) { printf("%d\t%d\t",(i+1),V[i][0]); for(j=1;j<=V[i][0];j++) printf("%d ",V[i][j]); printf("\n"); } } int cek(int x,int y) { int j=0; for(j=1;j<=V[x][0];j++) { if(y == (V[x][j]-1)) { return 1; } } return 0; } void Pewarnaan() { int i=0,j=0,k=0,temp=0,a=0; int TempWarna[MAX_VERTEX]; for(i=0;i<n;i++) { Derajat[i] = V[i][0]; V_Sort[i]=i; } for (i=0;i<n-1;i++) { k = i; for(j=i+1;j<n;j++) { if(Derajat[j]>Derajat[k]) { k=j; } } if(k!=i) { temp=Derajat[i]; Derajat[i] = Derajat[k]; Derajat[k] = temp; temp=V_Sort[i]; V_Sort[i] = V_Sort[k]; V_Sort[k] = temp; } } //algoritma welch-powell for(i=0;i<n;i++) { Warna[i]=0; } color=0; for(i=0;i<n;i++) { if(Warna[V_Sort[i]]==0) { color++; Warna[V_Sort[i]] = color; TempWarna[0]=1; TempWarna[1]=V_Sort[i]; for(j=i+1;j<n;j++) { if((Warna[V_Sort[j]]==0)&&(!cek(V_Sort[i],V_Sort[j]))) { for(k=2;k<=TempWarna[0];k++) { if(cek(TempWarna[k],V_Sort[j])) { goto next; } } Warna[V_Sort[j]]=color; TempWarna[0]+=1; TempWarna[TempWarna[0]]=V_Sort[j]; } next: a=0; } } } } void Hasil() { int i=0,j=0; printf ("\nSorting : \n"); printf ("\nVertex\tDerajat\tVertex Yang Terhubung\n"); for (i=0;i<n;i++) { printf ("%d\t%d\t",V_Sort[i]+1,V[V_Sort[i]][0]); for(j=1;j<=V[V_Sort[i]][0];j++) { printf ("%d ",V[V_Sort[i]][j]); } printf ("\n"); } printf ("\nHasil : \n"); printf ("\nVertex\tWarna\n"); for(i=0;i<n;i++) { printf ("%d\t%d\n",i+1,Warna[i]); } printf ("\nBilangan Kromatik : %d",color); } int main() { MasukanGraph(); Pewarnaan(); Hasil(); return 0; }

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Algoritma Pewarnaan Welsh-Powell Menggunakan Bahasa C - Matematika Diskrit"

  1. Ini fungsinya buat apa ya?
    echo "Hello World";
    itu saya gak ngerti, tolong dijelasin. Sumpah susah sekali saya mengertinya

    BalasHapus
  2. Buat menampilkan string hello world

    BalasHapus