Mengenal Apa itu Cisco?

 Cisco

dua orang pendiri cisco


Dua orang pendiri cisco
Mengenal Cisco

Sebelum lanjut atau untuk mempelajari lebih lanjut tentang cisco alangkah baiknya kita mengetahui filosofi cisco.Menurut wikipedia cisco adalah perusahaan global dalam bidang telekomunikasi yang berada di San Jose,California,Amerika Serikat. Perusahaan ini didirakan pada tahun 1984. Perusahaan tersebut telah mempekerjakan 51.480 pekerja.

Menurut teman-teman apa itu cisco? pasti menjawab "router atau langsung ke alatnya". Untuk itu kita akan membahas lebih dalam lagi.Cisco atau tepatnya Cisco System  adalah sebuah persuhaan yang didirakan pada tahun 1984 oleh dua orang eks-staf Stanford University bernama Leonard Bosack dan Sandy Lerner seperti gambar di atas.Bisnis utama Cisco adalah perangkat internetworking, seperti router, bridge, hub, dan switch.

Kisah tentang Cisco System dimulai sekitar tahun 1980 hingga 1981, yaitu setelah Xerox PARC (Palo Alto Research Center) menghibahkan beberapa komputer Alto dan Ethernet Card kepada Universitas Stanford.

Menurut sember tertentu (yang pernah Penulis dapatkan), komputer alto merupakan cikal-bakal komputer grafis yang telah mengilhami Steve Jobs (pendiri Apple Computer) untuk membuat komputer Macintosh yang legendaris.Selain itu, teknologi Ethernet yang digunakan oleh alto juga telah mengilhami beberapa staf Stabdford untuk melakukan riser di bidang jaringan komputer.Sehingga komputer-komputer yang ada di lingkungan Universitas Stanford dapat saling berkomunikasi melalui jarkom (Jaringan Komputer).

komputer alto buatan xerox
Gambar: Komputer Alto buatan Xerox

Pada mulanyya staf Stanford hanya melakukan riser dan bekerja untuk tujuan ilmiah dan pendidikan. Kemudian, dua orang staf bernama Leonard Bosack dan Sandy K.Lerner menginvestasikan dana pribadi untuk mengembangkan multiprotokol router yang "ditanamkan" dalam perangkat berbentuk "seperti komputer" yang diberi label Cisco.

Ide membuat "blue box" yang dilengkapi kipas pendingin dan dapat bekerja dengan hanya menancapkan kabel ternyata merupakan ide yang cemerlang. Apalagi saat itu merupakan awal perkembangan Internet. Seperti gayung bersambut, perangkat router buatan Cisco laris terjual. Cukup banyak perusahaan dan lembaga pendidikan yang menggunakan router buatan Cisco.

Namun dibalik kisah sukses tersebut ternyata terselip lembaran kelabu yang mewarnai sejarah Cisco System. Sebenarnya teknologi yang dikembangkan oleh Cisco System ( saat memulai bisnis ) merupakan hasil karya beberapa staf Stanford. Sebagian staf Stanford yang mengembangkan multiprotokol router telah pindah ke Cisco dan menyumbangkan hasil karyanya kepada perusahaan Cisco.

Ketika staf Stanford yang lain mengetahui maka terjadilah "perang" antara Stanford dengan Cisco System. Hal ini hampir saja "mematikan" perusahaan cisco akibat tuntutan pengacara Stanford atas kewajiban membayar royaliti yang cukup besar. Di samping kewajiban lainnya dan hak bagi Stanford untuk tetap dapat menggunakan software hasil pengembangan para staff Stanford yang telah menjadi karyawan Cisco.

Ini adalah sebuat kisah kelabu yang mungkin tidak akan diceritakan oleh pendiri-pendiri cisco system yang saat ini telah menjadi milyuner. Jika kita rajin meneliti sejarah kelahiran perusahaan IT kelas dunia, ternyata ada banyak persuhaan yang mengawali bisnisnya dengan cara seperti ini.

Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi anda yang ingin mempelajari cisco system dan bisa membuat anda lebih menyukai Cisco sekian artikelnya. Jika bermanfaat jangan lupa di share agar orang lain yang membutuhkan juga dapat mengetahui Artikel ini :D.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Apa itu Cisco?"

Posting Komentar