Apa itu Bahasa Pemrograman C ?

Algoritma dan Pemrograman Dasar Mengel Bahasa Pemrograman C
Bahasa Pemrograman C

Pengertian Bahasa Pemrograman C

Apa itu Bahasa Pemrograman C ? sebelum kita mengetahu apa itu pemrograman C alangkah baiknya kita terlebih dahulu memahami apa itu bahasa pemrograman atau programming language.Bahasa pemrograman atau sering kita sebut bahasa komputer merupakan bahasa buatan yang dirancang untuk memberikan instruksi kepada sebuah mesin,misalnya komputer.Bahasa pemrograman itu dapat digunakan untuk membuat program yang mengatur perilaku mesin atau untuk mengungkapkan algoritma-algoritma.Jika sudah mengetahui apa itu bahasa pemrograman kita lanjut memahami atau mengetahui bahasa pemrograman C.

Bahasa Pemrograman C adalah bahasa yang digunakan untuk membuat suatu aplikasi atau software yang sering kita ketahui istilahnya general-purpose programming language bahasa pemgoraman C ini cocok untuk merancang aplikasi yang berhubungan dengan Sistem Operasi dan Hardware.Bahasa C ini merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah,maksud dari bahasa tingkat mengah atau  Midle level language bahasa tersebut tidak begitu sulit,penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari,walaupun masih banyak menggunakan sintak program yang susah dimengerti.

Bahasa Pemrograman C diciptakan dan dikembangkan oleh Brian Kernighan dan Denis Ritchie di Bell Research Labs.Bahasa Pemrograman C secara khusus diciptakan dengan tujuan agar para programmer dapat mengakses seluruh internal register.I/O (Input atau Output) slots dan absolute address dari sebuah komputer. Pada awal tahun 1960-an,sistem operasi komputer mulai menjadi jauh lebih kompleks dari sebelumnya karena adanya pengenalan multi terminal dan kemampuan multi prosessor.Pada saat itu,sistem operasi diciptakan dengan menggunakan bahasa assembly (bahasa pemrograman tingkat rendah).Di mana banyak pengembang yang menyadari bahwa suatu sistem operasi dapat dikembangkan lebih lagi, tidak cukup hanya dengan menggunakan bahasa assembly. Inilah asal mula Bahasa C yang dimplementasikan pada Digital Equipment Corporation PDP-7.Pada perkembangan selanjutnya Bahasa Pemrograman C digunakan untuk mengimplementasikan Sistem Operasi Unix.

Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman C

Bahasa C ini selain sebagai pengantar mata kuliah algoritma dan pemrograman,struktur data,dan teknik kompilasi.Kita sebagai mahasiswa wajib mempelajari bahasa pemrograman C agar kita bisa memahami bagaimana logika komputer atau pemrograman.Berikut kelebihan dan kekurangan bahasa C.

Kelebihan Bahasa C

  1. Bahasa C tersedia hampir di semua jenis komputer.
  2. Kode Bahasa C memiliki portabilitas yang tinggi,aplilasi yang ditulis dengan bahasa C untuk suatu komputer tertentu dapat digunakan pada komputer lain hanya dengan sedikit modifikasi.
  3. Proses eksekusi program lebih cepat.
  4. Bahasa C mempunyai struktur yang baik sehingga mudah untuk dipahami.
  5. Dukungan fungsi-fungsi pustaka yang banyak.
  6. Untuk bahasa mesin,C lebih baik daripada Assembly bahasa C mudah dipahami dan pemogram tidak perlu mengetahui mesin komputer secara detail.
  7. C memungkinkan memanipulasi data dalam bentuk bit maupun byte.

Kekurangan Bahasa C

  1. Banyak operator serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai.Kalau tidak dikuasai sudah tentu akan menimbulkan masalah.
  2. Para pemrogram yang baru belajar umumnya belum pernah mengenal pointer dan tidak terbiasa untuk menggunakannya.Padahal keampuhan C justru terletak pada pointer.
  3. Perlu ketelitian dalam penulisan pemrograman misalnya penggunakan titik koma setelah baris program karena C bersifat case sensitiv artinya huruf kapital dan huruf kecil dibedakan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa itu Bahasa Pemrograman C ?"

Posting Komentar