Mengenal Apa Itu Cisco IOS (Internetwork Operating System)

Cisco IOS
cisco ios ( internetwor operating system)
Cisco IOS

Cisco IOS (Internetwork Operating System)adalah nama sistem operasi yang digunakan pada perangkat router dan switch buatan cisco. IOS merupakan sistem operasi multitasking yang menyediakan fungsi-fungsi router, switching, internetworking, dan telekomunikasi. Cisco IOS menyediakan command line interface (CLI) dan sekumpulan perintah standar.

command line infterface pada switch cisco
Gambar: CLI Cisco IOS

Perangkat router original (awal) yang diproduksi Cisco masih belum memiliki CLI. Jadi program atau file konfigurasi harus disiapkan dulu di komputer dan kemudian ditransfer ke perangkat Cisco via TFTP (Trivial File Transfer Protocol) untuk itu anda bisa menggunakan aplikasi putty untuk melakukan konfigurasi pada cisco.

Kurt Lougheed, salah seorang pendiri Cisco system, melakukan riset untuk meningkatkan kemampuan perangkat cisco. Saat itu, fitur-fitur yang disediakan masih terbatas dan semua perintah harus diketikan terlebih  dulu sebelum diproses. Setelah menekan tombol CTRL Z barulah perintah-perintah yang sudah diketikan dapat diproses. Jika terjadi error maka semua perintah harus diketikan kembali dari awal. Cukup merepotkan!

Di awal tahun 1990, Greg Satz dan Terry ditugaskan untuk menyempurnakan CLI. Setelah lebih dari 18 bulan, mengalami pergantian tim dan penyempurnaan di sana-sini, maka keluarlah CLI terbaru yang diberi nomor versi 9.21. Inilah Cisco CLI yang menjadi cikal-bakal kemunculan Cisco IOS.

Sebagian besar pengguna komputer, khususnya pengguna sistem operasi grafis (Windows, Macintosh, dan sejenisnya)mungkin akan mengalami kesulitan pertama kali menggunakan CLI. Cisco CLI terkesan primitif dan agak berbelit-belit. Hal ini akan sangat dirasakan oleh mereka yang biasa "dimanjakan" fasilitas grafis atau GUI(Graphical User Interface).

Pengguna Linux/Unix mungkin akan lebih mudah beradaptasi karena ada kemiripan konsep antara Cisco IOS CLI dengan perintah-perintah Linux.Unix OS. Malah banyak pengguna Linux/Unix yang menganggap Cisco CLI lebih sederhana dan lebih mudah digunakan dibandingkan UNIX CLI.

Kita tidak akan terlalu mempersoalkan latar belakang pengguna. Karena pada sasarnya semua pengguna komputer akan bisa mempelajari Cisco CLI.

Sekian artikel ini semoga bermanfaat dan jangan lupa di share,baca juga artikel Apa itu Cisco?.Sekian dan terimakasih



Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Mengenal Apa Itu Cisco IOS (Internetwork Operating System) "