BEM Fakultas MIPA Universitas Udayana

MEMPERLUAS WAWASAN MAHASISWA
DALAM ORGANISASI BEM FMIPA
BEM FMIPA Universitas Udayana
BEM FMIPA Universitas Udayana

BEM Fakultas MIPA Universitas Udayana terbentuk pada tanggal 23 Mei 2002 di gedung AS di mana organisasi ini terbentuk dari anggota mahasiswa fakultas MIPA. Organisasi tersebut digunakan sebagai perantara untuk memberikan aspirasi mahasiswa yang ada di lingkungan fakultas MIPA. Dalam universitas terdapat banyak organisasi yang dibagi lagi menjadi tingkatan tertentu salah satu contoh tingkat fakultas yaitu BEM FMIPA (Badan Eksekuif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) yang ada di Universitas Udayana. BEM FMIPA tersebut hampir sama dengan BEM, yang membedakannya adalah dari segi tingkatannya. BEM FMIPA lembaga eksekutif mahasiswa yang berada di tingkat fakultas yang memiliki tugas untuk memberikan informasi, merencanakan dan melaksanakan kegiatan mahasiswa, serta mengkoordinasikan kemahasiswaan di lingkungan fakultas MIPA.
Fakultas MIPA Universitas Udayana memiliki sebuah organisasi yang terdiri dari 8 organisasi yaitu BPM, BEM, HIMAKI, HIMAFI, HIMABIO, HIMATIKA, HIMAFARMA, dan HIMAKOM. Di mana organisasi tersebut memiliki tugas masing-masing. Pada topik ini kita akan membahas tentang organisasi BEM FMIPA (Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam). BEM FMIPA merupakan organisasi lembaga eksekutif tertinggi di tingkat fakultas MIPA. Fungsi organisasi tersebut merencanakan atau melaksanakan kegiatan BEM yang berada di tingkat fakultas yang bersifat keilmuan dan penalaran. Dalam kepengurusan BEM FMIPA terdiri dari unsu-unsur Gubernur, Wakil Gubernur, Sekretaris I dan II, Bendahara I dan II, Dinas Pendidikan dan Penalaran, Dinas Minat dan Bakat, Dinas Kesejahteraan Mahasiswa dan Alumni, Dinas Hubungan dan Pengabdian Masyarakat, dan Dinas Pendapatan. Dengan adanya BEM FMIPA diharapkan bisa menjadi gudang informasi kepada  mahasiswa yang berada di lingkungan fakultas MIPA sebagai jembatan penghubung antara mahasiswa dengan lembaga tertinggi di universitas, dan bisa sebagai sarana untuk menyalurkan aspirasi  mahasiswa kepada lembaga-lembaga.
Perguruan tinggi merupakan salah satu jenjang tertinggi dalam dunia pendidikan. Di perguruan tinggi pada umumnya kita mempelajari hal di bidang akademik sehingga mahasiswa memiliki potensi akademik atau pengetahuan yang luas. Di universitas, mahasiswa tidak hanya mendapatkan ilmu di bidang akademik saja tetapi mahasiswa juga dapat pembelajaran di luar dari akademik, salah satu contohnya yaitu berorganisasi. Hal tersebut bertujuan agar mahasiswa mampu bersosialisasi, bekomunikasi dengan baik dengan masyarakat yang di mana tujuan tersebut dapat memberi dampak positif dalam dunia kerja.
Organisasi mahasiswa merupakan suatu kelompok atau komunitas yang di mana mahasiswa betujuan untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi mahasiswa memliki peran penting dalam kehidupan kampus, salah satunya yaitu menyalurkan aspirasi atau ide mahasiswa pada petinggi-petinggi di kampus seperti rektor, dosen, dan sebagainnya. Di dalam dunia organisasi terdapat struktur organisasi atau kepengurusan untuk visi dan misi organisasi tersebut.
Di Universitas Udayana terdapat organisasi sesuai tingkatannya yaitu  BEM PM (Badan Eksekutif Mahasiswa Pemerintah Mahasiswa) dan di bawahnya terdapat BEM tingkat Fakultas salah satu contoh BEM FMIPA. Organisasi mahasiswa pada perguruan tinggi adalah BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) merupakan suatu organisasi yang dilakukan oleh mahasiswa yang di mana BEM tersebut adalah lembaga eksekutif di tingkat universitas atau institut. BEM memiliki fungsi yaitu sebagai organisasi untuk pelaksana kegiatan mahasiswa yang ada di universitas. Dalam hal ini BEM merupakan pusat kepemerintahan di mana BEM tersebut harus mengambil suatu keputusan dalam suatu kepemeritahan dalam lingkungan di dalam kampus ataupun di luar kampus.
BEM FMIPA (Badan Eksekuif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam) Universitas Udayana lembaga organisasi tertinggi di tingkat fakultas MIPA yang pengertiannya hampir sama dengan BEM pada umumnya. Namun tanggung jawab yang dilakukan pada organiasi BEM FMIPA  hanya mencakup pada tingkat fakultas MIPA. Organisasi ini memiliki peranan penting di masyarakat fakultas MIPA di Universitas Udayana karena BEM FMIPA merupakan wadah komunikasi dan informasi terhadap mahasiswa di lingkungan fakultas MIPA. BEM FMIPA juga sebagai pelaksana kegiatan pengembangan kemahasiswaan di tingkat fakultas, salah satu contohnya yaitu menggelar seminar tingkat nasional. Dalam organisasi BEM FMIPA memiliki visi yaitu mewujudkan civitas MIPA yang berdedikasi tinggi dan berprestasi, serta memiliki misi yaitu menjaga kebersamaan dan meningkatkan rasa kekeluargaan antar mahsiswa fakultas MIPA, membangun intern BEM MIPA yang solid, professional, dan menyenangkan, mempertahankan dan meningkatkan pretasi MIPA, sebagai jembatan informasi antara mahasiswa dan dekanat, dan memperkenalkan MIPA kepada masyarakat luas.
BEM FMIPA sebagai salah satu organisasi untuk mengajak masyarakat fakultas MIPA untuk ikut berkontribusi dalam membangun Universitas Udayana. Mahasiswa yang bergabung dalam suatu organisasi tersebut bisa mengembangkan ide-ide dan kreatifitas yang dimiliki mahasiswa. Dengan adanya organisasi BEM FMIPA mahasiswa fakultas MIPA dapat memberikan aspirasi dan bersosialisasi untuk mencapai tujuan bersama, sesuai dengan visi dan misi yang dijalankan.
Banyak hal yang tidak diketahui oleh mahasiswa dalam ikut berorganiasi sehingga mereka enggan untuk ikut berorganisasi. Dalam berorganisasi banyak sekali soft skill yang kita dapat yang juga tidak kita dapatkan di saat perkuliahan. Setiap individu yang ada dalam organisasi memiliki karakter yang berbeda-beda. Disini kita dapat belajar bagaimana menghadapi orang yang memiliki karakter yang berbeda tersebut. Dalam organisasi kita juga belajar bagaimana berkomunikasi dengan orang lain dan masih banyak manfaat yang lain.
Dalam ikut berorganisasi BEM FMIPA tanpa disadari kita sudah ikut berpartisipasi untuk memajukan fakultas MIPA dan Universitas Udayana. Sehingga mahasiswa jangan pernah ragu untuk ikut berorganisasi karena banyak hal positif yang didapat serta merubah pola pikir kita. Dalam organisasi BEM FMIPA dapat mengembangkan ide-ide atau kegiatan BEM Fakultas, salah satu contoh dari segi acara kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat fakultas MIPA dan Universitas Udayana. Adapun program kegiatan yang dijalankan oleh BEM FMIPA yaitu Student Day, BKM FMIPA, Dies Natalis, Liga Mipa, BK, Bakti sosial, Go Green, Pelatihan PKM, Seminar Nasional, LKMM, Science Camp, dan Musma. Dari kegiatan yang sudah dijalani oleh organisasi BEM FMIPA tidak lepas dari pengurus organisasi tersebut. Dalam berorganisasi, struktur organisasi sangat penting karena memudahkan untuk mengembangkan suatu organisasi tersebut.
Dengan begitu, kita sebagai mahasiswa jangan pernah takut untuk bergabung dalam organisasi karena beroganisasi kita bisa mengembangkan atau berbagi ilmu dan ide kreatifitas kepada setiap mahasiswa. Selain manfaat positif yang kita dapat dalam beroganisasi, kita sebagai mahasiswa tanpa disadari sudah ikut berkontribusi dalam mengembangkan suatu universitas. Sehingga organisasi yang ada di universitas diharapkan mampu menjadi wadah untuk kreatifitas yang dimiliki mahasiswa.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "BEM Fakultas MIPA Universitas Udayana"

Posting Komentar